Bos Agus

Jasa Pembuatan Website & Google SEO Murah

Sentra Buah Kelapa Di Jawa Tengah

Adalah desa bernama situwangi, kecamatan rakit, kabupaten banjarnegara, jawa tengah. Dimana di desa ini ada begitu banyak pengepul buah kelapa atau orang setempat dan orang jawa pada umumnya menyebutnya krambil.
Ya, di desa kecil yang terletak di perbatasan antara kabupaten banjarnegara dan purbalingga ini banyak dijumpai bos kelapa dengan stok yang terbilang besar karena faktanya kelapa mereka kumpulkan untuk supplai atau di kirim ke juragan – juragan besar di kota semarang, kudus, bandung dan bahkan ke ibu kota jakarta.

Di desa ini memang bukannya seperti hutan pohon kelapa sehingga stok buah kelapa begitu melimpahnya, tetapi hanya warganya yang banyak jadi juragan. Kalau krambilnya mereka sebenarnya juga boleh mengumpulkan dari pengepul-pengepul lebih kecil dan juga beli langsung ke petani di desa-desa sekitar.
Katakan salah satu juragan ialah bernama salamun, belia tidak kurang dari 3 hari sekali selalu disatroni pedagang buah kelapa dari wilayah kudus, semarang dll. Untuk membeli beberapa ribu buah kelapa telah dikumpulkan oleh bapak salamun dengan harga per buah kisaran Rp3.000.
Dan rata-rata juragan kelapa desa situwangi mampu menyediakan stok untuk dikirim ke kota-kota besar jawa tengah sebanyak 3-7 ribu buah dalam waktu satu minggu.

Sejujurnya saya belum pernah melihat atau tau di daerah mana terdapat buah kelapa yang cukup melimpah di wilayah jawa tengah selain di kawasan “republik ngapak” yang terbentang dari mulai wonosobo, banjarnegara, purbalingga, banyumas (jateng kawasan barat) dimana tanah di sini memang lebih subur ketimbang wilayah jawa tengah bagian timur.
Maka mungkin sebab inilah buah kelapa anda beli di kota semarang, jogja dll. Itu berasal dari wilayah-wilayah dari tadi saya sebutkan.

Singkat cerita, di banjarnegara dan sekitarnya inilah sentra buah kelapa di jawa tengah.
Oya selain banyak, kelapa-kelapa dari daerah ngapak ini juga punya ciri khas tersendiri yakni daging buah lebih tebal serta ukuran pun jauh lebih besar ketimbang kelapa dari daerah lain pun standar harga selalu 50% lebih murah dari harga kelapa terkini di pasaran. Maka tak heran kalau juragan-juragan di kota lebih memilih stok dagangannya dari sini sebab bisa menghasilkan untung besar serta di konsumen pun kelapa dari banjarnegara jadi primadona.
Dan lain kesempatan akan saya sambung lagi ulasab tentang sentra buah kelapa di jateng ini yang disertai video wawancara para juragan, situasi alam (perkebunan) dll.
Untuk kali ini cukup sekian dulu ulasan ini saya tulis.

Demikian, terima kasih telah membac.
Salam, penulis @agus.

Terbaru

Terpopuler

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bos Agus © 2018
WhatsApp chat